DAFTAR DI SINI BOSS.....

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Rabu, 28 Juli 2010

Tips Komputer Tetap Fres dan Cepat

Tips Komputer Tetap Fres dan Cepat ada bermacam cara. Tips sederhana ini berdasarkan pengalaman saya dan saya rangkum sebagai berikut :

1. Organisir File
    Pelihara file dan folder di dalam hard disk agar selalu tetap terorganisir, karena biar lebih mudah dalam        melakukan pembersihan dan penghapusan file yang tidak diperlukan lagi. Selain itu, menjaga file data di folder sangat baik untuk mengurangi resiko menghapus file atau program penting secara tak sengaja. Hard drive yang terorganisir dengan baik juga lebih mudah dibackup. Usahakan setiap dua bulan menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan.

2. Jaga Lokasi Program
    Setelah menginstall suatu program pada sistem, jangan mengubah nama direktori program atau memindahkan filenya dari suatu tempat ke tempat lain dalam hard disk. JIka melakukannya, komputer akan kehilangan jejak dari file kunci. Jika terpaksa harus mengubah lokasi program aplikasi, terlebih dahulu harus meng-uninstall ulang ditempat yang direncanakan. Jangan menghapus aplikasi pada sistem  Windows secara manual. Sebagian besar program aplikasi membuat file sistem tambahan ketika Anda menginstall mereka, sehingga sebaiknya aplikasi mempunyai program uninstall sendiri. Jika aplikasi tidak menyediakan opsi uninstall, maka gunakan Add/Remove Program dari Control Panel. Jika aplikasi uninstall melalui Windows XP/Vista/7 tidak dapat menghapus semua bagian aplikasi, gunakan program uninstall seperti Revo Uninstall. Gunakan pula program Registry Cleaner seperti RegistryEasy atau CCleaner untuk pembersihan entri registry dan file sementara.


3. Update Driver
    Software  driver memudahkan aplikasi berkomunikasi sengan periferal komputer. Sangat disarankan mengunjungi website produsen komputer setahun sekali untuk mendapatkan update terbaru.

4. Bersihkan Komponen
    Debu bisa membuat chip dalam komputer jadi lebih panas dan menyumbat ventilasi pendingin. Setidakmya enam bulan sekali, bersihkaan komputer dari debu. Jangan mengusapnya dengan kain, tetapi gunakan pompa khusus atau aerosol tabung kompresi udara. Mouse dan keyboard juga memerlukan pembersihan sesekali.

5. Shutdown Prosedural
    Baik Windows 95/98/ME/XP, Windows Vista, Windows 7, dan Mac OS menyediakan prosedur untuk mematikan komputer. Jangan mengabaikan metode ini. Mematikan listrik pada saat sistem operasi masih berjalan dapat mempercepat kerusakan sistem dan komponen komputer. 

Sumber : Tabloid Komputek

Tidak ada komentar: